Rencana Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat oleh BKPSDM Kota Yogyakarta: Meningkatkan Layanan Internal ASN

Kota Yogyakarta , 18 Februari 2025. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogyakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Dalam rangka itu, BKPSDM mengajukan rencana pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat terkait layanan internal yang diberikan kepada pegawai, yang mencakup berbagai bidang yang ada di dalam BKPSDM. Survei ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana kualitas layanan yang diterima oleh ASN serta menemukan area yang perlu diperbaiki.
Bidang Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Bidang ini fokus pada pengembangan kapasitas ASN melalui berbagai program pelatihan, ujian dinas, serta pelatihan kepemimpinan. Beberapa layanan yang diberikan antara lain Analisa Kebutuhan Diklat untuk menentukan jenis pelatihan yang dibutuhkan, Monitoring dan Evaluasi Diklat untuk memastikan efektivitas pelatihan, serta Pelatihan Teknis dan Fungsional untuk mendukung jabatan fungsional ASN. Program pelatihan ini tidak hanya membantu pengembangan diri ASN, tetapi juga meningkatkan kinerja mereka di tempat kerja.
Bidang Administrasi Kepegawaian Bidang ini mengelola berbagai layanan administratif yang sangat penting bagi pegawai, seperti pengajuan cuti, kenaikan pangkat, mutasi pegawai, uji kesehatan , serta pemberhentian atau pensiun. Proses administrasi yang cepat dan transparan menjadi kunci utama dalam memastikan kenyamanan ASN dalam menjalankan tugas sehari-hari. Layanan ini juga mencakup penyusunan dokumen kepegawaian yang mempermudah transisi jabatan, serta pelaporan harta kekayaan ASN yang sesuai dengan ketentuan, fasilitasi Core Value, Hukuman Disiplin, Perceraian, dan Sistem Informasi Pegawai (SIMPEG).
Bidang Manajemen Karir, Kinerja dan Kesejahteraan Bidang ini bertugas memastikan karir ASN berkembang dengan baik dan profesional. Layanan seperti Penilaian Kinerja Pegawai (SKP), Penyusunan Pola Karir, dan Tunjangan Kinerja Pegawai (Tukin), Pemberian penghargaan Satya Lencana, Penghargaan EOTY (Employee of The Year), PKP 360 derajad , fasilitasi KORPRI adalah berbagai program yang sudah pernah dan rutin dilaksanakan . Penilaian kinerja dilakukan secara objektif dan terhubung dengan sistem digital My ASN BKN, yang membantu dalam pengembangan karir ASN secara lebih sistematis dan transparan.
Bidang Perencanaan dan Pengembangan Bidang ini memiliki peran penting dalam mengelola perencanaan jabatan dan karir ASN. Layanan yang diberikan antara penyusunan formasi dan pembinaan jabatan fungsional, pengangkatan jabatan struktural dan fungsional , serta pengadaan pegawai melalui rekrutmen yang transparan dan terbuka. Dalam hal ini, BKPSDM terus memastikan bahwa formasi pegawai yang ditetapkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk memaksimalkan kinerja pemerintah kota.
Sekretariat dan UPT Penilaian Kompetensi Sekretariat BKPSDM juga menyediakan layanan yang memudahkan ASN, seperti legalisir berkas pegawai, unsur penunjang di Internal BKPSDM seperti penyediaan sarana dan prasarana, pemeliharaan, keuangan, data perencanaaan evaluasi dan pelaporan. Sementara itu, UPT Penilaian Kompetensi memberikan layanan uji kompetensi bagi ASN untuk memastikan mereka memiliki potensi dan kompetensi yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban. Serta memberikan bahan evaluasi peningkatan potensi pegawai , termasuk diangkat kedalam jabatan. Selain itu UPT Penilaian Kompetensi juga memberikan tes rekomendasi pengajuan tugas belajar.
Dengan adanya survei kepuasan yang akan dilaksanakan, BKPSDM Kota Yogyakarta berharap dapat memperoleh masukan yang berharga dari para pegawai mengenai kualitas layanan yang diterima. Hal ini akan menjadi dasar untuk terus melakukan perbaikan dan pengembangan layanan agar ASN Kota Yogyakarta semakin profesional, kompeten, dan siap menghadapi tantangan ke depan.
Melalui upaya ini, BKPSDM Kota Yogyakarta tidak hanya meningkatkan kualitas layanan internal, tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif dan harmonis bagi seluruh ASN. Survei kepuasan ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai tingkat kepuasan ASN dan membantu BKPSDM dalam merancang kebijakan yang lebih responsif terhadap kebutuhan pegawai.(vemiadi)