BKPSDM Kota Yogyakarta adakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi SDM Pengelola Arsip

Kota Yogyakarta 28 Juni 2024. Peningkatan kompetensi sumber daya manusia adalah kunci keberhasilan dalam setiap organisasi, termasuk di pemerintahan. Dalam rangka memperkuat kemampuan dan pemahaman pengelola arsip, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kompetensi SDM Pengelola Arsip pada tanggal 26 dan 27 Juni 2024. Bimtek ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam pengelolaan arsip aktif, inaktif, vital, serta penyusutan arsip, sekaligus memperkenalkan sistem pengelolaan arsip digital yang inovatif, yaitu Srikandi. Adapun  jalannya kegiatan dapat kami sampaikan sebaga berikut :

Hari Pertama: Rabu, 26 Juni 2024

Bimtek dimulai dengan registrasi peserta pada pukul 08.00 hingga 08.30 yang dikoordinasi oleh panitia. Acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC pada pukul 08.30 hingga 08.40.

Pada sesi pertama pukul 09.30 hingga 10.30, Ibu Nunu Dwi Astuti Setyawati, SS., M.Acc., membahas tentang kebijakan kearsipan. Sesi ini memberikan wawasan kepada peserta mengenai kebijakan terbaru dalam pengelolaan arsip yang harus dipahami dan diterapkan oleh pengelola arsip.

Kemudian, Sapto Wasono, seorang Arsiparis DPK, mengisi sesi kedua pukul 10.30 hingga 12.30 dengan materi pengelolaan arsip aktif disertai praktek langsung. Peserta diberikan pengetahuan praktis tentang cara mengelola arsip yang masih aktif digunakan didalam kegiatan administrasi sehari-hari.

Acara dilanjutkan dengan sesi ketiga pukul 13.30 hingga 15.30 yang dibawakan oleh Irwan Ismail, SH., seorang Arsiparis Ahli Madya. Beliau menyampaikan materi mengenai pengelolaan arsip inaktif dan praktiknya. Peserta belajar bagaimana mengelola arsip yang sudah tidak aktif namun masih perlu disimpan dengan baik.

Hari Kedua: Kamis, 27 Juni 2024

Hari kedua Bimtek dimulai dengan registrasi peserta pada pukul 08.00 hingga 08.30 oleh panitia. Acara dilanjutkan dengan sesi pertama pukul 08.30 hingga 09.30 yang diisi oleh Sri Supartiati, SIP., yang membahas tentang pengelolaan arsip vital. Sesi ini menekankan pentingnya pengelolaan arsip vital yang sangat krusial bagi keberlangsungan organisasi.

Setelah coffee break dari pukul 09.30 hingga 10.00, acara dilanjutkan dengan sesi kedua pukul 10.00 hingga 12.00 yang dibawakan oleh Suminarti, SIP. Beliau menyampaikan materi mengenai penyusutan arsip dan praktiknya. Peserta diajarkan teknik dan prosedur dalam melakukan penyusutan arsip yang sudah tidak diperlukan lagi.

Alhamdulillah kegiatan bimtek berjalan dengan lancar, dan materi kegiatan dua hari ini dapat diakses lewat link berikut ini http://s.id/PENYUSUTANARSIP dan https://s.id/BIMTEKPENGELOLAARSIP .

Penyelenggaraan Bimtek ini merupakan langkah nyata BKPSDM Kota Yogyakarta dalam upaya meningkatkan kompetensi pengelola arsip agar dapat mengelola arsip dengan lebih efektif dan efisien. Melalui Bimtek ini, diharapkan para peserta dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh untuk menciptakan manajemen arsip yang lebih tertata, transparan, dan akuntabel, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi di masa depan. Semangat untuk terus belajar dan berkembang adalah kunci bagi kesuksesan pengelolaan arsip yang handal dan profesional serta berintegritas. (vemiadi&Ai)