BKPSDM Kota Yogyakarta: Memastikan Kualitas Data untuk Pelayanan Prima

Kota Yogyakarta, 20 06 2024. Satu Data Indonesia merupakan inisiatif pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas data yang digunakan dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan (Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia) . Di tingkat daerah, implementasi Satu Data sangat penting untuk memastikan konsistensi, akurasi, dan keterpaduan data yang digunakan oleh berbagai instansi pemerintah. Kota Yogyakarta, sebagai salah satu daerah yang aktif dalam reformasi birokrasi, turut serta dalam upaya ini dengan harapan dapat meningkatkan nilai indeks pembangunan statistiknya.

BKPSDM kota Yogyakarta merupakan salah satu produsen data yang memiliki kewajiban memenuhi kebutuhan data bagi seluruh OPD Pemerintah Kota Yogyakarta pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya , contohnya kalangan akademik dan dunia pendidikan seperti mahasiswa yang sering membutuhkan data dalam penelitian maupun praktek kerja.

Beberapa hal terkait SATUDATA perlu diketahui ASN Pemerintah Kota Yogyakarta, hal tersebut diantaranya :

Standar Data

Standar data adalah serangkaian pedoman yang ditetapkan untuk memastikan data yang dihasilkan, dikumpulkan, dan digunakan oleh pemerintah memiliki kualitas yang baik. Di Kota Yogyakarta, penerapan standar data meliputi keakuratan, keandalan, dan konsistensi data. Dengan adanya standar ini, setiap data yang dihasilkan dapat dievaluasi dan dipastikan perubahannya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Metadata

Metadata merupakan informasi tentang data yang menjelaskan konteks, kualitas, kondisi, atau karakteristik lainnya dari data tersebut. Di Kota Yogyakarta, setiap data yang dikumpulkan harus disertai dengan metadata yang lengkap. Metadata ini mencakup informasi seperti sumber data, tanggal pembuatan, metode pengumpulan, dan definisi istilah yang digunakan. Dengan adanya metadata, pengguna data dapat memahami dan mengevaluasi kualitas serta relevansi data yang digunakan, sehingga mengurangi risiko kesalahan dalam analisis dan pengambilan keputusan.

Kaidah Interoperabilitas Data

Interoperabilitas data adalah kemampuan sistem dan organisasi untuk bekerja sama dan bertukar informasi dengan mudah. Di Kota Yogyakarta, penerapan kaidah interoperabilitas data bertujuan untuk memastikan bahwa data yang dihasilkan oleh satu instansi dapat diakses dan digunakan oleh instansi lain tanpa hambatan teknis. Hal ini dicapai melalui penggunaan format data yang standar, protokol komunikasi yang terbuka, dan kebijakan akses data yang jelas. Dengan adanya interoperabilitas data, kolaborasi antar instansi pemerintah menjadi lebih efektif, efisien, dan transparan.

Kode Referensi dan Data Induk

Kode referensi dan data induk adalah elemen kunci dalam sistem satu data. Kode referensi adalah kode unik yang digunakan untuk mengidentifikasi entitas tertentu, seperti individu, organisasi, atau lokasi. Data induk adalah data dasar yang bersifat stabil dan digunakan sebagai acuan dalam berbagai proses bisnis. Di Kota Yogyakarta, penggunaan kode referensi dan data induk memastikan konsistensi dan keseragaman data di seluruh instansi pemerintah. Misalnya, penggunaan Nomor Induk Pegawai (NIP) sebagai kode referensi untuk data kepegawaian memastikan bahwa informasi tentang ASN kota dapat diintegrasikan dengan data dari instansi lain, seperti BPKAD, Dinas Kesehatan, pendidikan dan Olahraga.

Implementasi satu data yang memenuhi 4(empat) kaidah diatas memberikan banyak manfaat bagi Kota Yogyakarta, yang Pertama dalam meningkatkan efisiensi administrasi pemerintah dengan mengurangi duplikasi dan inkonsistensi data. Kedua, meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan menyediakan data yang akurat dan terkini untuk perencanaan dan evaluasi program kerja. Ketiga, mendukung transparansi dan akuntabilitas pemerintah dengan menyediakan akses data yang terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan.

Penerapan satu data pada sistem pemerintahan daerah Kota Yogyakarta merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. BKPSDM Kota Yogyakarta sudah memastikan data yang ditamplkan di Website memenuhi standar data, memiliki metadata yang lengkap, memenuhi kaidah interoperabilitas data, serta menggunakan kode referensi dan data induk, dapat dilihat lewat link (https://bkpsdm.jogjakota.go.id/page/index/informasi-serta-merta).

Lewat tampilan website link di atas diharapkan dapat mengoptimalkan pemanfaatan data dalam setiap aspek pembangunan di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Inisiatif ini tidak hanya mendukung efektivitas dan efisiensi pemerintahan, tetapi juga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah. (vemiadi&Ai)