BKPSDM Kota Yogyakarta: Narasumber Unggulan dalam Pengembangan Kompetensi ASN

Kota Yogyakarta, 13 Juni 2024. Bertempat di Ruang Rapat Raden Fattah bersama rombongan ASN BKPSDM Kota Blitar, BKPSDM Kota Yogyakarta dipercaya sebagai narasumber dalam Bimtek Pengembangan Kompetensi bagi ASN Kota Blitar yang diadakan di Yogyakarta. Acara yang dilanjutkan di Hotel Ibis Style Yogyakarta ini kembali  menegaskan pengakuan atas keunggulan dan pengalaman BKPSDM Kota Yogyakarta dalam mengelola Corporate University (CorpU) dan pengembangan kompetensi aparatur sipil negara (ASN).

Sebagai peserta pembelajaran, BKPSDM Kota Blitar memandang BKPSDM Kota Yogyakarta sebagai panutan dalam upaya meningkatkan kompetensi ASN dan pelaksanaan manajemen talenta. Dalam upaya memperkuat langkah-langkah pengelolaan pembelajaran terintegrasi, BKPSDM Kota Blitar mengadakan studi komparatif dengan Jogja Corpu, yang telah terbukti sukses di Kota Yogyakarta.

Dalam suratnya kepada BKPSDM Kota Yogyakarta, BKPSDM Kota Blitar meminta penugasan 3 (tiga) orang pejabat untuk menjadi narasumber dalam Bimtek tersebut . Tiga aspek utama yang menjadi fokus adalah:

• Pengembangan Kompetensi ASN terintegrasi melalui Pemanfaatan Jogja Smart Service (JSS): BKPSDM Kota Yogyakarta telah membuktikan bagaimana teknologi, seperti JSS, dapat menjadi alat yang efektif dalam mempercepat implementasi CorpU dan meningkatkan efektivitas pembelajaran bagi ASN.

• Manajemen ASN Berbasis Sistem Merit:

Keberhasilan BKPSDM Kota Yogyakarta dalam menerapkan sistem merit dalam menentukan promosi dan penugasan ASN telah menarik perhatian banyak pihak, menjadi bukti nyata akan profesionalisme dan akuntabilitasnya.

• Inovasi Pelayanan Publik (Laga Tarung):

BKPSDM Kota Yogyakarta telah mengilustrasikan bagaimana inovasi dalam pelayanan publik, seperti konsep "Laga Tarung", dapat meningkatkan keterlibatan masyarakat dan efektivitas layanan publik secara keseluruhan.

Dengan dipercayakannya BKPSDM Kota Yogyakarta sebagai narasumber dalam Bimtek tersebut, menegaskan prestasi dan reputasi yang dimiliki BKPSDM Kota Yogyakarta dalam pengembangan kompetensi ASN dan pelayanan publik bukanlah kaleng-kaleng. Langkah-langkah inovatif dan kolaboratif yang telah diambil tidak hanya menjadi inspirasi bagi daerah lain, tetapi juga membuktikan komitmen BKPSDM Kota Yogyakarta dalam menciptakan pemerintahan yang lebih efektif, berkualitas, dan responsif bagi masyarakat. (vemiadi&Ai)