Mengoptimalkan Layanan Kepegawaian melalui Sosialisasi Jabatan Fungsional & Layanan Kepegawaian Pintar dan Unggul (LAGA TARUNG)

Kota Yogyakarta 03 - 06 -2024. BKPSDM Kota Yogyakarta telah sukses melaksanakan kegiatan "Sosialisasi Jabatan Fungsional & Layanan Kepegawaian Pintar dan Unggul (LAGA TARUNG)" yang berlangsung selama dua hari di Ruang Bima Utama Kompleks Balaikota Yogyakarta. Acara ini diadakan pada hari Rabu, 29 Mei 2024, dan Kamis, 30 Mei 2024, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi ASN dalam mengelola jabatan fungsional dan layanan kepegawaian secara efektif dan efisien.

Hari Pertama: Semangat Inovasi dan Kolaborasi

Kegiatan ini diawali dengan kumandang Lagu Indonesia Raya yang menambah semangat nasionalisme para peserta. Kepala BKPSDM, Bapak Dedi Budiono, M.Pd., secara resmi membuka acara dan menekankan pentingnya inovasi dalam pengelolaan jabatan fungsional.

Materi pertama disampaikan oleh Sekretaris Komisi A DPRD Kota Yogyakarta, Bapak Marwoto Hadi, S.H., yang membahas kebijakan dan regulasi terbaru di bidang kepegawaian khususnya pasca diterbitkannya UU ASN yang baru. Dilanjutkan dengan materi kedua oleh Bapak Agus Widodo, S.Sos. dari BKN Kanreg I Yogyakarta, yang mengulas tentang strategi pengembangan karir ASN melalui optimalisasi jabatan fungsional. Hari pertama ini diikuti oleh 250 peserta daring dan 75 peserta luring, menunjukkan antusiasme yang tinggi dari para peserta.

Hari Kedua: Penguatan Kompetensi dan Implementasi

Acara hari kedua dibuka oleh Sekretaris BKPSDM, Ibu Fatmah Rosyati, S.IP. M.IP., yang menyoroti pentingnya sinergi antara berbagai pihak dalam mendukung layanan kepegawaian yang unggul. Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan, Bapak Gunawan Adhi Putra, S.Si. M.Kom., memberikan materi terkait pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial  dalam layanan kepegawaian sebagai upaya pengelolaan manajemen pengetahuan bagi ASN di Pemerintah Kota Yogyakarta. Layanan ini dikenal dengan LAGA TARUNG dan dapat diakses pada JSS (Jogja Smart Service) pada kanal Layanan Pegawai. Layanan ini telah berjalan dan diakses sejumlah 70.834 kali sejak dilauncing pada bulan Oktober 2023 lalu. Hal ini membuktikan bahwa layanan ini merupakan salah satu pilihan favorit di JSS.

Bpk. Gunawan Adhi Putra, S.Si. M.Kom dalam presentasi Laga Tarung

Selain itu, Bapak Agus Widodo, S.Sos., dari BKN Kanreg I Yogyakarta kembali hadir untuk memberikan penjelasan mendalam mengenai implementasi kebijakan kepegawaian yang berkelanjutan bersama Bapak Deli Indra Wahyudi, S.H.. Dan untuk hari kedua ini dihadiri oleh 92 peserta daring dan 75 peserta luring, melanjutkan semangat pembelajaran yang sudah terbangun sejak hari pertamaManfaat dan Harapan

Kegiatan sosialisasi ini memberikan manfaat besar bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang jabatan fungsional dan layanan kepegawaian, ASN diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan lebih profesional dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.  Informasi regulasi terkait jabatan fungsional dapat diakses di LINK ini .

BKPSDM Kota Yogyakarta tetap berkomitmen mengadakan kegiatan serupa guna mendukung pengembangan kompetensi dan kinerja ASN. Melalui program LAGA TARUNG, diharapkan akan terbentuk ASN yang pintar dan unggul, siap menghadapi tantangan dan berkontribusi secara optimal dalam meningkatkan professionalisme pegawai.

Sosialisasi Jabatan Fungsional & Layanan Kepegawaian Pintar dan Unggul (LAGA TARUNG) merupakan langkah strategis BKPSDM Kota Yogyakarta dalam mengoptimalkan potensi ASN. Dengan kolaborasi yang kuat antara berbagai pihak dan pemanfaatan teknologi yang tepat, pelayanan kepegawaian yang prima dapat tercapai, membawa kemajuan bagi Kota Yogyakarta. Mari bersama kita dukung berbagai upaya BKPSDM didalam menciptakan birokrasi yang bersih, melayani, dan berintegritas tinggi. (vemiadi)