SEMANGAT PERUBAHAN MENUJU ZONA INTEGRITAS BERTARAF NASIONAL: PRAKTIK BKPSDM KOTA YOGYAKARTA

Dalam era yang terus berkembang dan dinamis, pemerintah dan lembaga publik dihadapkan pada tuntutan untuk terus berubah dan berinovasi demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam upaya menjawab tantangan ini, langkah-langkah konkret perlu diambil untuk membangun komitmen nyata dan semangat perubahan yang besar dari level pimpinan tertinggi hingga seluruh jajaran.

Dalam konteks penerapan semangat perubahan menuju Zona Integritas Bertaraf Nasional, Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Yogyakarta memegang peran penting sebagai garda terdepan dalam membangun integritas dan kualitas pelayanan publik di lingkungan pemerintah Kota Yogyakarta. Hal ini kami representasikan melalui pelaksanaan “BIMBINGAN TEKNIS ZONA INTEGRITAS BKPSDM KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2024” kemarin tanggal 18 April 2024 di Lt.3 Gedung BKPSDM dan diikuti oleh Kepala BKPSDM , Kepala Bidang, Ketua Tim dan semua unsur staf dilingkungan BKPSDM Kota Yogyakarta. Seain itu beberapa praktik strategis juga telah kami lakukan.

Berikut adalah beberapa praktik yang telah diterapkan oleh BKPSDM Kota Yogyakarta:

  1. Membangun Komitmen Nyata

BKPSDM telah menginisiasi program-program yang membangun komitmen nyata dari seluruh pegawai, termasuk pimpinan tertinggi, untuk berperan aktif dalam menjaga integritas dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

               Langkah langkah tersebut diantaranya

  1.  BKPSDM telah mengadakan Pelatihan Integritas dan Etika Kerja secara berkala yang fokus pada pentingnya integritas dan etika kerja dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pegawai pemerintah. Pelatihan ini mencakup materi tentang kode etik, konflik kepentingan, pencegahan korupsi, dan praktik-praktik baik dalam memberikan pelayanan publik.
  2. BKPSDM melakukan monitoring kinerja pegawai secara khusus terkait dengan aspek integritas dan kualitas pelayanan publik yang dilakukan melalui penggunaan indikator kinerja yang terukur dan evaluasi rutin.
  3. BKPSDM telah mengadakan kegiatan sosialisasi secara reguler yang bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai integritas di antara pegawai baik via artikel website ataupun media sosial lainnya.
  4. BKPSDM membangun budaya organisasi yang berorientasi pada integritas dan pelayanan publik melalui kebijakan-kebijakan yang mendukung transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi pegawai dalam pengambilan keputusan. Juga keterlibatan masyarakat dengan membuka jalur komunikasi seluas-luasnya.

 

  1. Menciptakan Kemudahan, Kecepatan, dan Transparansi

BKPSDM telah mengimplementasikan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan kemudahan, kecepatan, dan transparansi dalam proses rekrutmen, pengembangan, dan penilaian pegawai. Ini termasuk penggunaan teknologi informasi untuk mempercepat proses administratif dan menyediakan informasi yang transparan kepada masyarakat.

 

Implementasi yang telah diterapkan diantaranya.

 

  1. BKPSDM sudah mengimplementasikan sistem rekrutmen online dengan berkoordinasi secara Intens dengan BKN Pusat dalam penerapan sistem rekruitment terpusat SSCASN dan memastikan pelaksanaan yang bersih professional juga bebas dari biaya apapun yang memberatkan masyarakat.
  2. BKPSDM sudah menyediakan pelatihan-pelatihan secara online bagi pegawai yang memungkinkan mereka untuk mengakses materi-materi pelatihan dan mengikuti ujian secara fleksibel via aplikasi CAT di JSS.
  3. BKPSDM sudah mengimplementasikan sistem evaluasi kinerja pegawai yang berbasis online (e-PKP Online) di mana pegawai dapat mengisi formulir evaluasi secara elektronik dan menyampaikan laporan kinerja secara berkala (e-Kinerja).
  4. BKPSDM sudah menyediakan portal informasi pegawai yang berisi profil pegawai, informasi tentang kebijakan dan prosedur, serta pengumuman terkait dengan pengembangan karir dan promosi (website : bksdm.jogjakota.go.id)
  5. BKPSDM sudah mempublikasikan laporan kinerja secara berkala yang mencakup informasi tentang capaian kinerja, pengelolaan sumber daya manusia, dan inisiatif-inisiatif untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. (website : bksdm.jogjakota.go.id)

 

  1. Menyiapkan Kelengkapan Data Dukung Administratif.

BKPSDM telah melakukan upaya untuk memastikan kelengkapan data administratif sesuai dengan peraturan yang berlaku, seperti PermenpanRB No. 90 Tahun 2021, guna mendukung proses pengelolaan sumber daya manusia yang efektif dan efisien. Yaitu dengan pemeliharaan data pegawai secara berkala melalui aplikasi SIMPEG dan mempublikasinkannnya di website resmi.

 

  1. Melakukan Monev secara Konsisten:

BKPSDM sudah mengimplementasikan sistem monitoring dan evaluasi yang konsisten untuk memantau progres dalam mencapai target-target kinerja yang terkait dengan integritas dan kualitas pelayanan publik. Evaluasi ini akan difokuskan pada dampak nyata yang dihasilkan oleh setiap kebijakan dan program yang diterapkan.

 

  1. Menetapkan Strategi Komunikasi Terbaik:

BKPSDM sudah merancang strategi komunikasi yang efektif dan terus dikembangkan untuk memastikan bahwa setiap perubahan dan inisiatif yang dilakukan dapat dikomunikasikan dengan baik kepada seluruh pegawai dan masyarakat Kota Yogyakarta. Hal ini akan meningkatkan pemahaman dan dukungan terhadap perubahan yang dilakukan.

Dengan menerapkan praktik-praktik ini, BKPSDM Kota Yogyakarta berkomitmen untuk menjadi motor penggerak dalam mempercepat perubahan menuju Zona Integritas Bertaraf Nasional. Melalui kerja keras dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder terkait, BKPSDM yakin dapat menciptakan lingkungan kerja yang berintegritas tinggi dan mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat Kota Yogyakarta.

Tak kalah pentingnya adalah memastikan bahwa setiap langkah perubahan dapat dipahami dan diterima oleh masyarakat. Komunikasi yang jelas, terbuka, dan berkesinambungan menjadi kunci untuk membangun hubungan yang baik antara pemerintah dan masyarakat. Dengan demikian, partisipasi aktif dari masyarakat dapat terwujud, yang pada gilirannya akan memperkuat keberlanjutan dari perubahan yang dilakukan.

Dalam semua upaya ini, kolaborasi lintas sektor dan partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan menjadi kunci. Hanya dengan bersatu dan bekerja bersama-sama, kita dapat mewujudkan Zona Integritas Bertaraf Nasional yang menjadi tujuan bersama untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Dengan semangat perubahan yang terus berkobar, tidak ada hal yang tidak mungkin untuk dicapai.(vemiadi)